Foto-Foto: Panduan Naik Pesawat di Bandara Internasional Pattimura-Ambon

pintu keberangkatan bandara pattimura
Bagi Anda yang ingin terbang ke Jakarta, Makassar, dan lokasi lainnya, yang perlu Anda lakukan adalah membeli tiket pesawat di agen terpercaya, setelah itu, datanglah ke bandara dua jam sebelum waktu keberangkatan.

Tata Cara Naik Pesawat di Bandara Pattimura-Ambon

Panduan Naik Pesawat di Bandara, bila Anda sudah membeli tiket, maka datanglah ke bandara dua jam sebelum waktu keberangkatan. 

Setelah tiba di bandara, yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

#1. Menuju Pintu Keberangkatan (Departures)

Lihat baik-baik pada foto pertama di atas, itu adalah pintu masuk Keberangkatan (Departures), jadi Anda harus masuk melalui pintu itu dengan memperlihatkan tiket yang sudah Anda beli kepada petugas bandara.

Jika mereka memintanya untuk diperiksa. Jadi simpanlah tiket pesawat Anda di tempat yang mudah dijangkau, seperti di saku baju atau celana.

2# Menuju Konter Cek-In

Setelah berhasil masuk pintu Keberangkatan (Departures), segera merapat ke meja konter cek-in, agar dilayani oleh para petugas tiket, jika Anda beli tiket Batik Air, maka Anda harus merapat ke meja konter cek-in Airline atau Lion Air.

Serahkan tiket bersama KTP Anda kepada petugas tiket dan tunggulah beberapa menit, setelah itu petugas tiket akan menyerahkan tiket boarding pas untuk Anda dan dengarkan penjelasannya dengan seksama dan bila kurang jelas bertanya serta jangan malu untuk bertanya, nanti bisa tersesat.

Baca dengan seksama tiket boarding pas Anda, yang baru diterima tersebut, disitu tertera nomor penerbangan pesawat, nomor tempat duduk (seat), nomor pintu (Gate) untuk menunggu diterbangkan, dan jam keberangkatan pesawat.

Jika nomor pintu (Gate) adalah Gate 4, seperti yang tertera di tiket boarding pas Anda, maka Anda harus menunggu disana, itu berada di lantai dua dan jangan malu untuk bertanya kepada penumpang lain atau petugas yang ada didalam bandara, jika Anda mengalami kendala.

konter cekin bandara pattimura
Suasana Konter check-in semua maskapai pesawat nasional untuk penumpang pesawat domestik yang berada di bandar udara Pattimura-Ambon.

#3. Melewati Pintu Masuk Pemeriksaan Penumpang Oleh Petugas Keamanan Bandara

Setelah selesai cek-in dan mendapat tiket boarding pas segera masuk ke ruang tunggu penumpang dengan melewati pintu masuk pemeriksaan tubuh penumpang dan barang yang dilakukan oleh petugas keamanan bandara.

Sebelum masuk ke pintu super ketat ini, sebaiknya ikat pinggang dan jaket yang Anda pakai harus dilepas, ponsel dan barang bawaan Anda lainnya sebaiknya di masukan menjadi satu dalam tas, jika memungkinkan.

pintu pemeriksaan barang di bandara pattimura
Anda harus melewati pemeriksaan tubuh dan barang bawaan di sini. Santai saja dan jangan grogi. :D

#4. Menuju Ruang Tunggu Penumpang atau Gate

Setelah melewati pintu pemeriksaan tubuh dan barang segera menuju ruang tunggu atau Gate, caranya cari papan nama berwarna kuning yang bertuliskan GATE 1, 2, 3, 4 seperti yang tertera di tiket boarding pas Anda, jika boarding pas Anda tertulis Gate 4 segera menuju kesana.

Foto di bawa ini adalah ruang tunggu penumpang pesawat di Gate 1 dan 2 di lantai satu di bandara Pattimura dan Gate 3 dan 4 ada di lantai dua.

ruang tunggu atau gate 1 di bandara pattimura
Ini adalah ruang tunggu penumpang di Gate 1 dan 2 di lantai satu bandara Pattimura. 

gate 4 di bandara pattimura
Ruang tunggu penumpang pesawat atau Gate di lantai 2 di bandara pattimura

ruang tunggu penumpang gate 4
Gate 4 di bandara Pattimura Ambon.

#5 Menyerahkan Tiket Boarding Pas kepada petugas

Pasang telinga Anda saat berada di ruang tunggu penumpang atau Gate, jika petugas mengimbau segera naik pesawat, maka bergegaslah, persiapkan dan berikan kepada petugas tiket boarding pas Anda.

Foto dibawah ini memperlihatkan beberapa penumpang sedang antre dan menyerahkan tiket pas boarding kepada petugas bandara, sebelum mereka masuk kedalam badan pesawat untuk diterbangkan ke tempat tujuan.

penumpang bersiap masuk kedalam pesawat
Penumpang bersiap untuk masuk kedalam badan pesawat untuk diterbangkan.

penumpang berjalan didalam garbarata
Penumpang masuk kedalam badan pesawat melalui Garbarata atau jembatan pesawat melalui Gate 4 di bandara Pattimura-Ambon.

Setelah tiba didalam badan pesawat, periksa kembali nomor tempat duduk (Seat) Anda yang tertera di tiket boarding pas

Nomor tempat duduk menggunakan bahasa Inggris, yaitu Seat.

Selamat terbang bersama burung besi.



Comments