Capung Atau Sibar-Sibar Masuk Ke Rumah Pada Malam Hari

capung
Seekor capung masuk ke dalam rumah pada malam hari yang sedang bertengger di dinding ini di foto dengan ponsel kamera Asus Zenfone 5.

Capung punya badan panjang dengan dua pasang sayap transparan besar yang tersebar samping saat istirahat, ini termasuk serangga yang jago terbang.

Ia melayang-layang di udara, menyelam di air, terbang mundur, terbalik, dan berputar 360 derajat dengan tiga kali kepakkan sayap, serta mencapai kecepatan 30 mil per jam.

Itulah keunikan serangga yang tidak berbahaya bagi manusia, ia sudah dijadikan sebagai obyek proyek penelitian dalam skala kecil dan besar terutama di dunia penerbangan.

Ada beberapa mitos mengatakan bahwa bila capung masuk kedalam rumah, itu pertanda baik, tapi saya tidak perduli dengan mitos tersebut. 

Capung, bila masuk ke dalam rumah sebagai pembawa tanda berkah kebaikan setelah waktu magrib. Ingat itu cuma mitos.

Pada kenyataannya, dia masuk ke dalam rumah pada malam hari karena lapar, setelah masuk ke dalam rumah, ia akan terbang ke sana kemari berburu nyamuk di dalam rumah.

Selain itu juga, capung berburu dengan terbang mengintari lampu, karena ada beberapa serangga lain yang suka dengan cahaya lampu. 

Semua orang tahu bahwa serangga itu adalah pemakan serangga kecil. Setelah puas melahap para serangga alias kenyang, ia akhirnya akan beristirahat dengan bertengger di dinding rumah atau plafon  atau di bagian sudut rumah lainnya sampai pagi.

Jadi, Aku tidak percaya dengan mitos bahwa bila capung masuk ke dalam rumah pada malam hari adalah pertanda baik atau ada rezeki serta mitos baik lainnya.

Capung dapat dengan mudah kita menemukan mereka di dekat badan air seperti kolam, danau, sungai dengan arus lambat, dan tanah basah lainnya bahkan di rerumputan lebat.

Uniknya, serangga ini tahu, mana sumber air sehat dan yang tercemar yang berada di sungai atau kolam air lainnya, jika airnya sehat, dia akan berada di situ dalam waktu cukup lama. 

Itulah mengapa capung sering dijadikan sebagai indikator sumber air yang sehat.



Comments

  1. Gegara capung aku mampir ksni๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
  2. sama saya udah 2x,setelah magrib,capung datang ke rumah

    ReplyDelete
  3. Gara gara capung masuk rumah berturut turut setelah 2 malam.. Saya heran...iseng2 buka ini..

    ReplyDelete
  4. Capung masuk kosan pas isya, biasanya di persawahan, tapi kosan ku jauh dari persawahan.
    Karena baca postingan pertama tentang mitos, langsung ku hajar pake sendal njir

    ReplyDelete
  5. Gara"capung masuk rumah patah deh sapu ku karena pertana gk bagus kta ny hadeee๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  6. Gara"capung masuk rumah patah deh sapu ku karena pertana gk bagus kta ny hadeee๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  7. Saya juga sama gara2 mitos seram langsung ta kejar dan ambil capung tu langsung ta bakar kepalanya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  8. Gara2 capung aku juga kesni..mau bangunin suami ini biar dibunuh aja,,habis pertanda gak baik si๐Ÿ˜ฉ๐Ÿ˜ฉ pukul menunjukkan 01.06 WIB

    ReplyDelete
  9. Gara2 capung aku juga kesni..mau bangunin suami ini biar dibunuh aja,,habis pertanda gak baik si๐Ÿ˜ฉ๐Ÿ˜ฉ pukul menunjukkan 01.06 WIB

    ReplyDelete
  10. Gara"capung masuk kamar jam 22.10 ,sampai nyari ke sini .. Ga tau artinya apa .. Do'a yg terbaik saja ..semoga keluarga saya selalu dalam Lindungan Allah SWT..Aamiin ๐Ÿคฒ๐Ÿป

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sy jg baru ngeluarin capung jam 21,22 pake sapu, ,doa nya yang baik-baik aja

      Delete

Post a Comment