Foto Makro, Tawon dan Sarang Telurnya

tawon sosial
Kolonoi serangga Tawon  dan Sarangnya. Serangga ini termaksud serangga sosial karena hidup berkelompok

Serangga ini suka menyengat dan apalagi bila menggangu sarang telurnya atau bahkan tanpa sengaja, ia akan agresif dengan segera menyerang para pengganggunya. Sengatan dari serangga ini bisa membuat tubuh bengkak dan bahkan korbannya bisa demam dalam beberapa hari atau seminggu.

Foto serangga tawon itu ambil menggunakan kamera dari asus zenfone 5 pada siang hari. Bila Anda melihat sarang dari serangga yang hidup bersosial ini di ranting pohon atau dimana saja untuk segera menghindarinya dan jangan coba-coba mendekat dan apalagi mengusiknya. Imbasnya Anda akan disengat seekor bahkan sampai 3 ekor.

Serangga ini bukan parasit karena tidak menaruh telurnya di tubuh hewan lain dan ia menaruh makanan buat telurnya pada sarang yang mereka bangun sendiri dan sarang mereka mirip seperti sarang madu, namun sarang mereka sangat kecil dan bergelantungan di ranting atau batang pohon kayu atau menempel di dinding rumah dan sebagainya. 

Serangga tawon ini sebelumnya, Aku mengiranya sebagai kelompok lebah karena memakan madu, ternyata sangkaan Aku salah besar. Namun, tawon ini masih saudaraan (anggota kelompok) dengan lebah dan semut.

tawon pemakan madu
Tawon menunggui sarangnya

tawon dan sarang telurnya
Tawon menungguin sarangnya 


Comments