Foto Proses Ulat Berganti Kulit

ulat masih di lindungi selaput
Ini adalah sosok ulat masih terbungkus kulit atau belum berganti kulit dan Anda dapat melihat sosok ulat yang mulai berganti kulit di bawah ini.

Foto pertama diatas itu menunjukkan ulat muda masih terbungkus selaput tipis atau belum berganti kulit dan foto di bawah ini menunjukkan ulat mulai berganti kulit dan sosoknya secara perlahan akan mulai menyerupai kepala ular atau berkamuflase meniru sosok ular. 

Tahukan Anda sepasang sosok mata di kepala ulat ini bukanlah sepasang mata sejati dalam arti sebenarnya, tapi itu cumalah bintik besar yang meniru wajah ular. Tujuannya adalah untuk membuat takut semua para predator agar tidak datang mendekat untuk memangsanya.

Dan bahkan ada ulat lain yang sudah menjadi kepompong tapi wujudnya benar-benar menyerupai wajah kepala ular dan pandai bermimikri, yakni mengikuti gerakan kepala ular ketika ada predator datang mendekat.

Kepompong dari ulat tersebut adalah Dynastor darius darius, atau yang biasa disebut “The D”, sosok ulat ini berada di Trinidad.

Dynastor darius darius atau kepompong bermimikri
Ulat Dynastor darius darius bermimikri adalah kepompong yang menipu para predator dan benar-benar mirip seperti wajah kepala ular.  Dan berbeda dengan kepompong yang di bawah ini cuma menyerupai daun terbungkus mengantung di ranting kayu.
kepompong
Kepompong meniru sehelai daun menggantung di ranting dan bahkan untuk menopang tubuhnya dibutuhkan seutar benang agar benar-benar terlihat mengantung seperti daun.

Ulat ini adalah ulat pada pertama di atas, namun sekarang ia sedang mengalami proses pergantian kulit dan sosoknya pun sudah mulai terlihat seperti wajah ular, kamuflase menyerupai wajah seekor ular di lakukan untuk mencegah atau menghindar atau membuat takut para predator agar tidak memangsanya.
Anda harus melihat foto-foto ulat bertranformasi di artikel ini : Foto-Foto Ulat Bertransformasi Jadi Kepompong dan Kupu-Kupu

Comments